Contoh Surat Lamaran Kerja Bidan dan Cara Membuatnya

Posted on

Profesi bidan saat ini memang sangat dibutuhkan. Karena itu di berbagai tempat banyak dibuka lowongan pekerjaan untuk menjadi bidan. Anda harus tahu terlebih dahulu bagaimana cara dan contoh surat lamaran kerja bidan untuk melamar mengisi posisi bidan ini. Menulis surat lamaran kerja untuk bidan ini sedikit berbeda dengan menulis surat lamaran kerja lainnya. Ada beberapa hal yang bisa Anda perhatikan ketika membuat surat lamaran kerja untuk melamar menjadi bidan.

Ketika melamar pekerjaan bidan, pastikan terlebih dahulu dimana Anda akan melamar. Apakah akan melamar di rumah sakit, klinik, puskesmas ataukah ke dinas kesehatan. Setelah mengetahui kemana Anda akan melamar, selanjutnya Anda bisa memperhatikan langkah-langkah membuat surat lamaran kerja seperti yang biasa atau umumnya dibuat.

Bagaimana Contoh Membuat Surat Lamaran Kerja Bidan yang Benar

contoh surat lamaran kerja bidan di rumah sakit

Jika Anda mencari di situs pencarian, Anda akan menemukan banyak sekali contoh dalam menulis surat lamaran kerja untuk berbagai profesi, jabatan dan perusahaan. Namun ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat membuat lamaran kerja bidan. Berikut adalah tips membuat dan contoh surat lamaran kerja bidan yang bisa Anda terapkan.

1.  Usahakan Tidak Menulis Surat Lamaran Sama dengan Curriculum Vitae (CV)

Tidak hanya saat menulis surat lamaran bidan saja, kebanyakan orang sepertinya juga melakukan kesalahan dengan menulis surat lamaran kerja yang sama dengan curriculum Vitae (CV). Yang mana seharusnya kedua surat ini berbeda. Ini jugalah yang harus Anda perhatikan dalam menulis surat lamaran kerja untuk menjadi bidan.

Banyak contoh surat lamaran kerja bidan yang pasti menyebutkan untuk tidak membuat surat lamaran kerja yang sama dengan dokumen CV. Selain karena keduanya merupakan dokumen yang berbeda, apabila Anda menulis surat lamaran sama dengan Curriculum vitae (CV) maka akan terjadi pemborosan. Hal tersebut akan membuat pihak terkait bisa jadi malas membacanya.

2. Tuliskan Skill (Kemampuan) dan Bakat yang Dimiliki

Surat lamaran pekerjaan ibaratnya adalah media untuk Anda memperkenalkan diri kepada perusahaan, dalam hal ini adalah rumah sakit, klinik atau dinas terkait, tentang diri Anda. Karena itu jangan lewatkan kesempatan tersebut untuk menuliskan apa saja yang Anda kuasai, selain kemampuan dasar seorang bidan. Hal ini tidak hanya dicantumkan dalam contoh surat lamaran kerja bidan saja, namun ketika Anda membuat surat lamaran kerja secara umum juga.

Baca Juga :  Contoh Surat Lamaran Kerja dan Langkah Pembuatannya

Memiliki bakat atau kemampuan khusus lain diluar kemampuan dasar sebagai bidan tentu akan menambah nilai lebih sebagai pertimbangan bagi pihak rumah sakit atau klinik untuk menerima atau tidak surat lamaran Anda. Namun jangan ditulis semua yang Anda miliki karena hal tersebut juga akan menjadi pertimbangan. Jika terlalu banyak, bisa jadi instansi terkait berpikir Anda terlalu angkuh dengan menuliskan semua skill atau kemampuan yang Anda miliki. Poin ini juga sering ditekankan dalam setiap contoh surat lamaran kerja bidan yang bisa ditemukan di situs pencarian.

3. Jangan Atau Tidak Menjual Diri Anda Sebagai Pelamar

Poin ini maksudnya adalah meskipun Anda diminta untuk menuliskan kemampuan dan bakat, namun jangan sampai Anda menjual harga diri dengan cara menuliskan segala hal yang tidak diperlukan di dalam surat lamaran tersebut. Hal ini justru akan menimbulkan kesan Anda mengemis. Inilah yang dimaksud dengan menjual murah diri.

Tuliskan hal-hal yang baik tentang Anda, namun jangan berlebihan sehingga bisa menimbulkan kesan Anda mengemis pekerjaan atau bahkan menjual diri. Jika masih Anda lakukan, jangankan dibaca, surat lamaran Anda justru akan dibuang oleh pihak terkait. Poin ini juga selalu ditekankan dalam setiap contoh surat lamaran kerja bidan yang bisa Anda temukan dari berbagai sumber.

4. Tuliskan Semua Pencapaian atau Prestasi yang Pernah Didapatkan

Menuliskan daftar pencapaian apa saja atau prestasi yang pernah didapatkan sebenarnya tidak hanya penting dan ditekankan dalam contoh surat lamaran kerja bidan saja, namun hampir di semua profesi. Poin ini juga akan menjadi nilai lebih sekaligus pertimbangan bagi pihak rumah sakit atau klinik saat akan menerima Anda. Namun, yang harus diperhatikan adalah prestasi atau pencapaian yang ditulis adalah pencapaian yang berkaitan dengan profesi yang akan Anda lamar.

Setelah mengetahui tips dalam membuat surat lamaran kerja bidan yang baik dan benar, kini Anda bisa mulai membuat surat lamaran kerja bidan untuk melamar di rumah sakit, klinik ataupun puskesmas milik Anda sendiri. Namun sebelum itu ada baiknya Anda menyimak contoh surat lamaran kerja bidan berikut ini sebagai gambaran bagaimana membuat surat lamaran yang benar berdasarkan penjelasan tips yang sudah dijelaskan di atas.

 

Malang, 28 Juni 2019

Yth. Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang

Baca Juga :  Penjelasan dan Contoh Surat Cuti Melahirkan yang Baik dan Benar

Malang

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan pada surat lamaran ini:

Nama : Annisa Ramadhani

Tempat, Tanggal Lahir  : Malang, 24 Agustus 1993

Pendidikan Terakhir      : S1 Kebidanan Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Kota Malang

Alamat : Jl. Bunga Cempaka No. 45 Klojen Kota Malang

Nomor Telepon : 081356765904

 

Dengan ini saya mengajukan permohonan untuk bisa bergabung bersama Dinas Kesehatan Kota Malang sebagai salah satu tenaga bidan sebagai Pegawai Tidak Tetap (PTT) di Dinas Kesehatan Kota Malang.

Sebagai bahan untuk pertimbangan dalam menulis surat lamaran ini, juga saya lampirkan beberapa dokumen pendukung sebagai berikut ini.

  1. Surat Permohonan Lamaran Kerja dengan materai 6000
  2. Ijazah yang sudah dilegalisasi oleh pihak yang berwenang
  3. Transkrip nilai yang sudah dilegalisir
  4. Foto copy dari sertifikat APN
  5. Fotocopy sertifikat Kompetensi profesi Bidan
  6. Fotocopy STR (Surat Tanda Registrasi) yang sudah dilegalisir
  7. Surat Keterangan Sehat
  8. Surat Pengalaman Kerja
  9. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (Surat Keterangan Berkelakuan Baik)
  10. Curriculum Vitae (Daftar Riwayat Hidup)
  11. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  12. Foto Berwarna terbaru 3×4 5 lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat untuk mengisi posisi tenaga bidan di Dinas Kesehatan Kota Malang. Saya berharap agar surat permohonan lamaran kerja ini dapat diproses sebagaimana sebagaimana prosedur yang berlaku untuk kemudian dapat mengikuti seleksi dan tes lebih lanjut. Atas perhatian dan pertimbangan yang bapak/ibu berikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

ANNISA RAMADHANI

 

Menulis surat lamaran pekerjaan atau surat permohonan pekerjaan adalah tahap yang sangat penting ketika akan melamar kerja. Bisa dibilang, surat lamaran kerja ini adalah perkenalan awal dari Anda sebagai pelamar kepada perusahaan atau instansi yang ingin Anda lamar sebagai tempat bekerja. Untuk itu, sebelum menulis surat lamaran kerja, ada baiknya Anda melihat beberapa contoh surat lamaran kerja di berbagai bidang. Seperti misalnya contoh surat lamaran kerja bidan dan tips membuatnya yang sudah dijelaskan di atas.

Banyaknya profesi ataupun instansi yang membuka lowongan pekerjaan tentu membutuhkan referensi berbeda dalam pembuatan surat lamaran kerja. Hal ini karena setiap instansi maupun profesi tersebut tentu memiliki persyaratan administrasi yang berbeda-beda pula. Semoga penjelasan tentang tips membuat dan contoh surat lamaran kerja bidan di atas dapat membantu Anda menulis lamaran kerja bidan yang baik dan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *