Poin Penting dan Contoh Surat Lamaran Kerja di Apotek

Posted on

Saat akan mengajukan permohonan kerja atau melamar di sebuah instansi atau perusahaan, hal pertama yang harus dilakukan adalah menulis surat lamaran kerja. Seperti misalnya jika Anda ingin melamar di apotek. Apabila Anda belum pernah menulis surat lamaran pekerjaan sebelumnya, ada baiknya jika Anda mencari berbagai sumber contoh surat lamaran kerja di apotek sebagai referensi sebelum menulis. Hal ini akan membantu memudahkan dalam menulis serta mengetahui apa saja yang harus ada dan tidak boleh ada dalam surat lamaran kerja.

Membuat surat lamaran kerja untuk bekerja di apotek memang tidak jauh berbeda dengan membuat surat lamaran kerja di instansi atau untuk profesi lain. Namun bagi Anda yang belum pernah melamar pekerjaan atau menulis surat lamaran pekerjaan pasti bingung tentang poin apa saja yang harus dimasukkan ke dalam surat lamaran kerja. Untuk itu berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara membuat serta contoh surat lamaran kerja di apotek yang baik dan benar.

Bagaimana Cara Membuat dan Contoh Surat Lamaran Kerja di Apotek yang Baik dan Benar

contoh surat lamaran kerja di apotek tulis tangan

Dalam pembuatan setiap surat lamaran kerja, pasti ada bagian-bagian yang harus ditulis di dalamnya. Poin-poin ini adalah poin penting yang pasti akan menjadi pertimbangan dan dibaca oleh pihak atau perusahaan terkait tempat Anda akan melamar pekerjaan. Apa saja poin-poin tersebut? Akan dijelaskan di bawah ini beserta contoh surat lamaran kerja di apotek yang benar.

1.Nama dan Alamat Tujuan Surat

Poin pertama yang harus ditulis dalam membuat surat lamaran kerja adalah nama dan alamat kemana surat tersebut ditujukan. Karena Anda akan membuat contoh surat lamaran kerja di apotek, maka yang dimaksud adalah nama apotek dan alamat apotek tersebut. Jika tidak mengetahui nama dari HRD atau pihak terkait, biasanya cukup disebutkan dengan panggilan bapak/ibu saja. Jangan lupa juga untuk mencantumkan tanggal pembuatan surat di bagian pojok kanan atas.

2. Pembukaan

Poin selanjutnya yang juga selalu ada dalam surat lamaran kerja, termasuk contoh surat lamaran kerja di apotek adalah pembukaan. Dalam poin ini Anda juga harus menuliskan salam pembuka sebagai bentuk penghormatan terhadap pihak terkait. Pada poin pembukaan ini, Anda juga bisa mencantumkan tentang darimana informasi yang Anda dapatkan yang memberitahukan bahwa apotek tersebut sedang membuka lowongan pekerjaan.

3. Data Diri Pelamar

Selanjutnya yang tak kalah penting yang harus ditulis dalam surat lamaran kerja adalah poin data diri pribadi pelamar. Surat lamaran pekerjaan adalah bentuk perkenalan pertama Anda kepada perusahaan, atau dalam hal ini apotek, dimana Anda akan melamar untuk mendapat pekerjaan. Karena itu mencantumkan data diri pribadi Anda juga harus dituliskan di dalamnya. Namun jika Anda perhatikan pada kebanyakan contoh surat lamaran kerja di apotek, data diri yang dimasukkan tidaklah lengkap. Biasanya hanya data umum berupa nama, tempat tanggal lahir, alamat dan nomor telepon. Sedangkan untuk data diri yang lebih lengkap nantinya akan ditulis di dalam CV.

4. Kemampuan yang Dimiliki dan Pengalaman Kerja

Sebagai bahan pertimbangan lebih bagi perusahaan ketika akan menerima pegawai adalah kemampuan dan pengalaman yang dimiliki. Kemampuan yang ditulis dalam surat lamaran kerja ini juga sebaiknya masih berhubungan dengan pekerjaan yang akan dilamar. Pengalaman kerja juga akan menjadi pertimbangan lebih bagi perusahaan atau pihak terkait dalam menerima pegawai baru karena dengan melihat dari pengalaman kerja perusahaan akan bisa melihat kinerja dari pegawai tersebut. Berbagai contoh surat lamaran kerja di apotek juga akan memberikan penekanan pentingnya poin ini saat menulis surat lamaran kerja.

5. Dokumen Pendukung yang Dibutuhkan

Poin selanjutnya yang juga tak kalah penting untuk dimasukkan ke dalam surat lamaran kerja adalah dokumen pendukung yang dibutuhkan. Dokumen pendukung ini biasanya harus disesuaikan dengan profesi, jabatan ataupun tempat Anda akan melamar pekerjaan. Karena ini adalah contoh surat lamaran kerja di apotek, maka dokumen yang dilampirkan juga harus sesuai dengan pekerjaan di apotek. Jika Anda melamar sebagai apoteker, pastikan ada dokumen pendukung dari profesi Anda tersebut, seperti keterangan kompetensi atau semacamnya yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang.

6. Penutup

Terakhir sebagai bentuk formalitas, Anda juga harus menuliskan penutup dalam surat lamaran yang Anda buat. Ini akan menunjukkan bagaimana manner pelamar dalam menulis surat formal yang baik. Dengan menerapkan manner atau attitude yang baik tentu juga akan memberikan nilai tersendiri dalam proses seleksi.

Nah, setelah mengetahui poin-poin apa saja yang harus dimasukkan dalam menulis surat lamaran kerja, selanjutnya berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja di apotek yang benar. Contoh ini bisa Anda jadikan referensi dalam membuat surat lamaran kerja yang baik.

 

Jogja, 24 Juni 2019

Yth. Kepala Apotek Sehat

Jogjakarta

 

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang ditampilkan dalam koran Harian Surya edisi Minggu 23 Juni 2019 bahwa instansi bapak/ibu sedang membutuhkan seorang pegawai dalam bidang asisten apoteker. Karena itu saya mengajukan permohonan kerja untuk posisi yang dibutuhkan.

Saya yang bertanda tangan di bawah ini

Nama: Khoirunnisa

Tempat, Tanggal Lahir: Jogja, 14 Februari 1994

Pendidikan Terakhir: S1 Farmasi Universitas Airlangga

Alamat: Jl. Pattimura No. 124 Jogjakarta

Nomor Telepon: 081256245111

 

Sebagai bahan pertimbangan untuk surat lamaran pada posisi yang ditawarkan, berikut ini saya lampirkan beberapa dokumen yang dibutuhkan.

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Fotocopy Transkrip nilai yang sudah dilegalisir
  4. Fotocopy ijazah yang sudah dilegalisir
  5. Fotocopy STRTTK S1 Farmasi
  6. Fotocopy praktek kerja di rumah sakit
  7. Fotocopy sertifikat kursus ketrampilan komputer dan Bahasa Inggris
  8. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (Surat Keterangan Berkelakuan Baik)
  9. Surat Keterangan Sehat dari Dokter
  10. Pasfoto berwarna terbaru 3×4 (4 lembar)

Demikian surat permohonan kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya sesuai prosedur dan dokumen yang dibutuhkan. Semoga surat permohonan kerja ini dapat diproses sebagaimana prosedur penerimaan pegawai yang ditentukan agar saya nantinya bisa mengikuti proses dan prosedur seleksi berikutnya. Atas perhatian dan waktu yang diberikan guna membaca surat permohonan kerja ini saya sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Hormat saya,

 

Khoirunnisa

 

Contoh di atas hanyalah salah satu contoh dalam membuat surat lamaran kerja sesuai dengan profesi atau jabatan yang dibutuhkan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, poin-poin yang ada di dalam surat lamaran ini bersifat dinamis tergantung pada posisi, profesi atau ketentuan yang dibuat oleh perusahaan.

Demikian tadi penjelasan lengkap tentang bagaimana cara dan poin-poin apa saja yang harus dimasukkan dalam membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Penjelasan beserta contoh surat lamaran kerja di apotek di atas hanyalah satu dari sekian banyak contoh dalam membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Anda bisa mencari dari berbagai sumber untuk mendapatkan lebih banyak referensi dalam membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *